Tips menulis deskripsi produk fashion untuk katalog elektronik

 

Deskripsi produk fashion yang menarik bisa menjadi unique selling point yang membedakan Anda dengan competitor. Deskripsi produk fashion bisa menjawab beberapa pertanyaan dibenak konsumen seperti padupadan yang cocok dengan item tersebut, dan lain sebagainya. Deskripsi produk bisa dalam bentuk berbagai format. Bisa bercerita maupun lugas.

Yuk, mulai belajar menulis deskripsi produk fashion untuk katalog elektronik!

  1. Berceritalah

Cerita yang menarik seputar produk bisa dimulai dengan background produk tersebut dibuat. Misalnya, dapat darimana inspirasi desain bajunya dan bagaimana proses pembuatannya.

 

Tanyakan pada diri Anda, apa yang menguras emosi dari produk ini? Dan bagaimana konsumen bisa merasa relate dengan produk tersebut dari cerita yang Anda bagikan.

 

  1. Ketahui apa yang penting bagi konsumen

Anda akan menjual produk fashion kepada konsumen. Jadi, yang paling penting adalah mengetahui kemauan mereka. Apa yang mereka suka? Sepatu apa yang menurut konsumen Anda nyaman? Dan bagaimana Anda bisa mengaplikasikan permintaan mereka ke dalam produk Anda? Rajin-rajin melihat review pelanggan dan mengintip website kompetitor bila perlu.

 

  1. Fokus pada manfaat

Setelah Anda mengetahui keinginan konsumen, Anda dapat mengolah kata-kata yang fokus pada manfaat yang bisa mereka dapatkan kalau mereka beli produk Anda. Misalnya Anda menjual legging untuk olahraga. Jangan hanya menulis “legging ini elastis” tetapi tambahkan manfaatnya, seperti “cocok untuk lari 10K, untuk yoga, atau muay thai.”

 

  1. Format tulisan

Konsumen cenderung membaca katalog elektronik dengan cepat dan berharap lekas menemukan jawabannya. Selain mudah dibaca, deskripsi produk pada katalog online harus Menjawab pertanyaan konsumen. Jangan takut untuk bermain dengan tulisan italic dan bold.

Informasi yang paling penting harus diletakkan di bagian awal sehingga konsumen tahu apa yang mereka dapatkan secara langsung. Di akhir tulisan, jangan lupa menyematkan tombol call to action untuk meningkatkan urgensi.

 

  1. Gunakan kata kunci relevan

Jangan sampai melupakan kaidah SEO agar katalog elektronik Anda mudah ditemukan sesuai dengan keyword-nya. Contoh kata kunci yang bisa Anda pakai yaitu, “blouse hijau lengan panjang” atau lebih spesifik seperti, “blouse lengan panjang yang tidak panas”

Kata kunci ini perlu diriset dengan cara mengetahui apa yang sering dicari oleh konsumen.

Bagaimana menurut Anda? Apakah tips diatas bermanfaat? Semoga dapat diterapkan untuk katalog elektronik produk fashion Anda!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *